Tuesday, February 1, 2011

Itali: Legrottaglie Selamatkan Muka Juventus

Bek Juventus, Nicola Legrottaglie mencetak gol yang membuat timnya bisa menutup babak pertama duel Serie-A versus Livorno, Sabtu (6/2/2010), dengan skor 1-1.

Dalam laga kali ini, Juventus turun dengan skema andalan pelatih Alberto Zaccheroni, 3-4-1-2. Juventus kemudian memang bermain lebih agresif dan dominan. Namun, karena baru menggunakan taktik ini, permainan Juventus tampak kurang seimbang, terutama lini belakang.
Hal itu terlihat dari sejumlah ancaman Livorno yang terjadi dalam serangan balik. Untungnya, ketika barisan tengah dan belakang gagal mengantisipasi serangan, Buffon mampu beberapa kali melakukan penyelamatan.

Namun, sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Sesigap-sigapnya Buffon, ia toh terpaksa memungut bola tembakan Antonio Filippini dari gawangnya di menit ke-26. Memanfaatkan umpan Luigi Vitale, Filippini mengirim bola ke sudut kanan atas gawang Buffon.

Gol itu tak mengubah permainan Juventus. Mereka tetap mempertahankan tekanan dan masih sering melupakan pertahanan. Toh, meski masih belum menemukan keseimbangan, mereka mampu selamat dari sejumlah ancaman dan bahkan bisa menyamakan kedudukan melalui gol Nicola Legrottaglie di menit ke-42. Memanfaatkan umpan Diego, Legrottaglie menanduk bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Rubinho.

Sepanjang babak pertama, Juventus menguasai bola sebanyak 53 persen dan menciptakan dua tembakan tepat ke gawang dari tiga percobaan. Sementara itu, Livorno membuat dua peluang emas dari tujuh kali usaha. (*)

Susunan pemain:
Livorno: Rubinho; Diniz, Knezevic, Perticone; Vitale, Filippini, Mozart, Pulzetti, Raimondi; Bellucci; Lucarelli
Juventus: Buffon; Chiellini, Legrottaglie, Cannavaro; Grosso, Melo, Candreva, Caceres; Diego; Amauri, Del Piero

No comments:

Post a Comment