Thursday, February 17, 2011

Stalin, Lenin, Hitler Era Bencana Sosial

SINOPSIS
Lenin, Stalin, dan Hitler menuturkan malapetaka sosial dan politik kolosal yang menimpa Eropa antara tahun 1914 dan 1945. Dalam sebuah periode yang nyaris terus bergolak, masyarakat mengalami transformasi oleh dua perang dunia, Revolusi Rusia, Holocaust (pembantaian orang Yahudi oleh Nazi), dan kebangkitan serta kehancuran Third Reich (negara fasis Jerman di bawah pemerintahan Nazi).
Menurut Robert Gellately, semua tragedi itu sangat saling berkaitan dengan tiga tokoh utama di periode itu--Lenin, Stalin, dan Hitler. Pemerintahan diktator mereka dikupas dari sisi sosial dan sejarah, dan kesamaan serta perbedaan ketiganya dicatat dengan cermat. Buku ini menelusuri eskalasi konflik antara Komunisme dan Naziisme, khususnya peranan kebencian Hitler pada apa yang disebutnya "Bolshevisme Yahudi".
Lenin, Stalin, dan Hitler menunjukkan betapa persaingan sengit antara Stalin dan Hitler akhirnya memicu perang pemusnahan dan genosida. Gaung pergolakan raksasa itu masih dirasakan di mana-mana sampai saat ini.

"Sebuah penuturan yang sangat mengesankan tentang tragedi-tragedi yang menimpa dunia selama 50 tahun pertama abad ke-20. Kehebatan buku ini--tak seperti karya-karya kebanyakan sejarawan lain yang memperlakukan Lenin sebagai idealis berniat baik--adalah Robert Gellately menempatkan Lenin di sisi Stalin dan Hitler sebagai pendiri barbarisme modern." --Richard Pipes, Baird Professor of History Emeritus, Harvard University


DETAIL
Judul Lenin, Stalin, dan Hitler Era Bencana Sosial
ISBN / EAN 9789792267297 / 9789792267297
Author Robert Gellately

Publisher Gramedia Pustaka Utama (GPU)

Publish 16 Februari 2011
Pages 918
Weight 734 gram
Dimension (mm) 150 x 230
Tag Sejarah,

No comments:

Post a Comment