Friday, February 11, 2011

Sepakbola Modern Mulai Kehilangan "Xavi Hernandez"

Playmaker Barcelona, Xavi Hernandez, menilai pemain-pemain yang memiliki tipe seperti dirinya telah hilang dalam sepak bola modern saat ini. Menurut Xavi, hal ini terjadi karena sepak bola sekarang terus berkembang dan para pemain profesional lebih mementingkan taktik.
Xavi dikenal memiliki umpan-umpan panjang dan datar yang akurat. Ia andal memberikan assist dan pintar menemukan celah bagi timnya. Selain itu, Xavi juga bisa mengatur tempo pertandingan sehingga timnya dapat membangun serangan dengan baik.
"Pemain sepertiku terus menghilang. Dari sudut pandang yang egois, enam tahun lalu pemain yang bermain dan memiliki posisi sepertiku mulai memudar. Apa yang aku lakukan hanyalah melihat ruang terbuka dan kemudian melepas umpan," ujar Xavi.
Gelandang berusia 30 tahun itu kemudian menuturkan permainan menyerang ala Barca kini mulai diadaptasi oleh beberapa klub-klub besar Eropa. Mulai dari formasi, taktik, dan juga pendekatan ketika beraksi di lapangan.
"Aku melihat Arsenal dan Villarreal, dan aku melihat bahwa mereka benar-benar bermain seperti kami," lanjutnya.
"Filosofi sepak bola kami adalah menyerang. Kami melakukan kombinasi dalam menyerang dan bermain. Sangat penting bahwa gaya Barcelona telah menjadi model. Sepak bola dimainkan untuk menang, tapi di Barcelona kepuasan kami adalah ada dua karena kami juga ingin bermain dengan baik," tuntas Xavi

No comments:

Post a Comment