Sunday, February 20, 2011

Main 10 Orang, Juventus Dilibas Lecce

Bermain dengan sepuluh pemain sejak Gianluigi Buffon diganjar kartu merah akibat melakukan handsball pada menit ke-12, Juventus dipaksa menyerah 0-2 oleh Lecce pada pertandingan Serie A di Stadion Via del Mare, Minggu (20/2/2011).

Juventus menang dalam dua pertandingan Serie A terakhirnya dan berniat memperpanjang rekor itu saat menyambangi Lecce.

Juventus kemudian memang menunjukkan permainan agresif dan ofensif. Setidaknya itu terlihat dari terciptanya peluang gol dari mereka saat pertandingan baru berjalan satu menit. Namun, peluang yang berasal dari Luca Toni itu tak membuahkan apa pun, selain tembakan gawang.
Lecce tak tinggal diam. Selang dua menit kemudian, mereka melancarkan serangan berujung eksekusi dari Grossmuller, yang berhasil ditepis Gianluigi Buffon.

Setelahnya, kedua kubu sama-sama berusaha mempertahankan intensitas permainan mereka dan bergantian menciptakan peluang. Sayang, permainan pertarungan seru itu tidak berujung gol, melainkan kartu merah bagi Buffon yang menepis bola di luar kotak penalti.

Insiden bermula dari pergerakan dengan bola penyerang Lecce, David Di Michele, di luar kotak penalti. Buffon keluar sarang berusaha merebut bola. Namun, sesaat sebelum masuk jangkauan Buffon, Di Michele menembakkan bola, yang ditepis Buffon.

Juventus tampaknya memilih menyikapi kartu merah itu dengan bermain defensif. Pasalnya, manajer memilih menarik gelandang Milos Krasic untuk memasukkan kiper Marco Storari pada menit ke-13.

Sementara Juventus menata diri, Lecce menambah kekuatan serang mereka. Nyaris tanpa terancam, mereka berhasil menciptakan sejumlah peluang gol melalui, misalnya, Fabiano pada menit ke-12 dan David Di Michele pada menit ke-24.

Namun, sementara tembakan Fabiano ditepis Storari, eksekusi Di Michele meleset dari sasaran.

Meski gagal, Lecce terus menekan dan baru pada menit ke-32 serangan mereka membuahkan gol dari Djamel Mesbah.
Keadaan tertinggal membuat Juventus mencari cara keluar dari tekanan dengan niat menyamakan kedudukan. Dengan mengambil risiko kebobolan, mereka mampu menciptakan serankaian ancaman melalui Claudio Marchisio (menit ke-40), Alberto Aquilani (menit ke-43), dan Felipe Melo. Usaha Marchisio dan Aquilani membuahkan tendangan gawang, sedangkan eksekusi Melo dimentahkan Antonio Rosatti.

Juventus kemudian mencoba mengambil inisiatif menyerang pada awal babak kedua. Namun, setelah eksekusi Girgio Chiellini diblok Rosatti dan Alessandro Matri terjebak off-side, Juventus kecolongan gol kedua Lecce, yang kali ini diciptakan Andrea Bartolacci.

Dari tengah kotak penalti, Bartolacci menyambut umpan Di Michele dengan ayunan kaki kanan yang membuat bola bersarang di sudut kiri bawah gawang Juventus.

Tak mau kehilangan momen, Lecce terus menekan. Namun, belum mampu menambah gol, mereka terkena bencana kartu kuning kedua, yang diterima gelandang Giuseppe Vives, menyusul pelanggarannya kepada Giorgio Chiellini pada menit ke-69.

Setelahnya, permainan kembali berlangsung terbuka dan diwarnai aksi saling ancam. Setelah terancam oleh tembakan Javier Chevanton pada menit ke-79 yang meleset dari sasaran, Juventus membalasnya melalui eksekusi Alessandro Del Piero pada menit ke-82, yang juga tidak titis.

Situasi seperti itu terus berlangsung, dengan Juventus lebih dominan dalam penguasaan bola dan penciptaan peluang, tetapi tanpa solusi, sampai peluit berbunyi panjang.

Selama 90 menit, Juventus menguasai bola sebanyak 61 persen dan menciptakan satu peluang emas dari sepuluh usaha. Adapun Lecce melepaskan enam tembakan akurat dari 15 percobaan.

Dengan hasil tersebut, Juventus tertahan di posisi keenam dengan 41 poin atau hanya unggul satu angka dari Palermo di tempat ketujuh. Adapun Lecce naik dua tingkat ke posisi ke-15 dengan 27 poin.

Susunan pemain: Lecce: Antonio Rosatti; Medina Da Silva Fabiano, Stefano Ferrario, Davide Brivio, Giulio Donati; Andrea Batolacci, Gianni Munari, Giuseppe Vivies, Djamel Mesbah (Andrea Rispoli 86), Carlos Grosmuller; David Di Michele (Javier Chevanton 53) Juventus: Gianluigi Buffon; Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Frederik Sorensen (Vincenzo Iaquinta 58); Felipe Melo, Alberto Aquilani, Claudio Marchisio, Milos Krasic (Marco Storari 13); Luca Toni (Alessandro Del Piero 45), Alessandro Matri

No comments:

Post a Comment