Friday, February 4, 2011

Liga Itali: Inter Memperpanjang Napas Perebutan Skudeto

Inter Milan bangkit dari ketinggalan dua gol untuk mengalahkan tamunya, Palermo, 3-2, di Stadion San Siro, Minggu (30/1). Pemain anyar Giampaolo Pazzini mencetak dua gol penyama kedudukan, sedangkan gol penentu kemenangan dihasilkan striker Samuel Eto’o melalui titik penalti.

Saat masih unggul 1-2, Palermo memiliki peluang memperbesar keunggulan setelah mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-63. Namun, eksekusi Javier Pastore gagal. Kemenangan tersebut memperpanjang napas Inter dalam perebutan ”scudetto” meski kini masih berada di peringkat kelima dengan 38 poin, tertinggal sembilan poin dari pemimpin klasemen, AC Milan.
Napoli terus menempel Milan di puncak klasemen berkat kemenangan 4-0 atas tamunya, Sampdoria. Striker Edinson Cavani mencetak hattrick, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Marek Hamsik.

Sementara dari laga hari Sabtu, Mark van Bommel diusir wasit pada laga debutnya bersama AC Milan di Serie A. Namun, pemimpin klasemen ini tetap mengklaim tiga poin dengan kemenangan 2-0 atas tuan rumah Catania. Meski bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-54, dua gol dari Robinho dan Zlatan Ibrahimovic membuat Milan kian kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 47 poin.

Robinho mengklaim, ”Rossoneri” semakin dekat dengan mahkota ”scudetto”. ”Saya gembira dengan kemenangan melawan tim yang bertahan rapat,” kata penyerang asal Brasil ini kepada SkySport. ”Kami di puncak dan masih ada 15 atau 20 laga tersisa, jadi kami harus terus bermain seperti ini. Sangat berat bermain dengan 10 pemain, tetapi kami kira Van Bommel tidak layak mendapatkan kartu kuning keduanya.”

Pelatih Milan Massimiliano Allegri menyatakan, Van Bommel harus belajar untuk beradaptasi dengan sepak bola Italia. ”Van Bommel harus lebih tenang, tetapi ini baru laga keduanya (menyusul debutnya di Coppa Italia),” ujar Allegri. ”Anda tidak akan mendapat kartu kuning untuk pelanggaran seperti itu di Jerman, tetapi ia memang bermain keras.”

Allegri juga memuji kontribusi Ibrahimovic sepanjang musim ini. ”(Ibrahimovic) memiliki musim terbaik dalam soal intensitas permainan. Ia sangat antusias, ia merasa ia adalah pemimpin dan bahkan ia ikut bertahan. Itu adalah hal terpenting yang dilakukannya. Jika ia melakukan hal itu, semua orang akan mendukungnya,” ujar Allegri.

Milan tampil menyerang dan langsung mendapatkan peluang pada menit pertama pertandingan. Antonio Cassano dan Ibrahimovic berhasil membongkar lini belakang Catania sebelum bola dikirim ke Robinho. Akan tetapi, tendangan Robinho dari jarak 20 meter terlalu lemah bagi penjaga gawang Mariano Andujar.

Ibrahimovic memiliki dua tendangan jarak jauh yang melebar pada awal babak kedua sebelum Van Bommel, yang dibeli dari Bayern Muenchen pertengahan pekan lalu, menerima kartu kuning keduanya pada menit ke 54. Hanya empat menit kemudian, Milan justru unggul setelah Andujar gagal menangkap dengan sempurna tendangan bebas Ibrahimovic dan Robinho bereaksi lebih cepat untuk melesakkan bola rebound ke dalam gawang.

Lima menit sebelum pertandingan berakhir, tim tamu memastikan kemenangan setelah Robinho memberi umpan kepada Ibrahimovic untuk mencetak gol kedua.

Pada laga lainnya, penyerang asal Ceko, Libor Kozak, mencetak dua gol untuk memberi Lazio kemenangan 2-0 atas Fiorentina. Hasil itu memperpanjang harapan Lazio untuk ikut bersaing merebut gelar Serie A. Tim asuhan Edy Reja ini tertinggal tujuh poin dari Milan.

No comments:

Post a Comment