Thursday, January 20, 2011

Diskriminasi Pencoretan Irfan Bachdim

Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl terseret dalam perseteruan antara PSSI dengan Liga Primer Indonesia. Ketua Komisi X DPR RI I Gede Pasek Suardika menganggapnya diskriminatif. Gede mengungkapkan hal ini di sela-sela rapat dengar pendapat dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng mengenai perseteruan PSSI dan LPI, Rabu (19/1). Ucapan Gede itu berkaitan dengan hilangnya hak penyerang Persema Malang Irfan Bachdim membela Tim Garuda.

“Saya dengar alasan Irfan tak bisa masuk timnas karena dia berlaga di LPI. Riedl sudah melanggar Undang-Undang kita,” ujarnya.

Bahkan Gede menyatakan telah terjadi pelanggaran prinsip olahraga dan pelatih asal Austria itu pantas dapat teguran atau sanksi.

Mengenai keputusan pencoretan Irfan serta beberapa pemain lain yang merumput di Liga Primer, beberapa waktu yang lalu Riedl mengaku hanya mengikuti peraturan FIFA dimana pemain yang tidak terdaftar sebagai anggota FIFA tidak boleh memperkuat Timnas.

PSSI sendiri sebagai satu-satunya perwakilan FIFA yang sah di Indonesia mencoret para pemain tersebut dari daftar keanggotaan PSSI, karena itu tidak ada pilihan bagi Riedl untuk mencoret Irfan dan pemain lainnya.

Semakin jauh masalah ini bergulir, semakin banyak pihak yang terseret dan dikhawatirkan bisa mengganggu harmonisasi Timnas Indonesia yang tengah bersiap menghadapi Praolimpiade dan SEA Games 2011.

No comments:

Post a Comment