Friday, January 28, 2011

Ballack: Dortmund Tak Terkejar

Gelandang Bayer Leverkusen, Michael Ballack, mengklaim perburuan gelar juara Bundesliga 1 musim ini sudah selesai. Menurut Ballack, Borussia Dortmund yang berada di singgasana mustahil untuk dikejar oleh para pesaingnya.
Hingga pekan ke-19, Dortmund duduk nyaman di puncak klasemen dengan 47 poin, unggul 11 angka dari Bayer Leverkusen di peringkat kedua. "Puncak klasemen sudah menjadi milik tim lain sekarang. Dortmund sudah jauh sekali berada di depan," tandas Ballack.

Dortmund sanggup memenangkan 15 pertandingan, sisanya mereka dua kali imbang dan dua kali kalah. Dortmund juga berhasil mencetak 43 gol dan hanya kebobolan 12 gol. Raksasa-raksasa Bundesliga, seperti Bayern Muenchen, Leverkusen, Werder Bremen, dan Schalke 04, sudah mulai pasrah kehilangan peluang juara mereka.

"Target minimal kami musim ini sekarang adalah memastikan finis di zona Liga Champions," imbuh striker Bayern Muenchen, Thomas Mueller.

Apa sebenarnya kunci kesuksesan Dortmund? Media-media Jerman mengklaim, prestasi Dortmund diraih berkat kesabaran Jurgen Klopp sebagai pelatih. Klopp membentuk timnya sejak 2008 lalu dengan diisi oleh beberapa pemain muda berbakat. Sejak itu, tiap musim prestasi Dortmund terus menanjak dan sekarang mereka tak terhentikan lagi.

Dua penggawa muda Dortmund, Mats Hummels dan Kevin Grosskreutz, telah melakukan debut untuk tim nasional Jerman sebelum Piala Dunia 2010. Adapun pemain berbakat lainnya, Marcel Schmelzer dan Mario Goetze, melakukan debutnya pada November lalu.

"Dortmund memiliki tim dengan pemain muda dan mereka lapar akan kesuksesan. Hal itu positif untuk membangun semangat tim. Di atas semua itu, cara bermain Dortmund sungguh membuat saya terkesan. Setelah memenangi laga melawan Leverkusen, mereka memiliki kesempatan terbaik untuk memenangi titel juara," seru pelatih timnas Jerman, Joachim Loew.

Bukan itu saja, Dortmund juga memiliki amunisi tajam di dalam diri playmaker asal Jepang, Shinji Kagawa, dan striker timnas Paraguay, Lucas Barios. Keduanya telah mencetak 8 gol musim ini.

Meski mendapat pujian dari seluruh Jerman dan difavoritkan sebagai juara, Klopp mencoba tenang. "Jika yang memimpin Bayern Munich, mungkin kita bisa bilang kompetisi sudah selesai. Namun, kami sangat mengerti bahwa segala hal bisa berubah dan tugas kami adalah bertahan di jalur ini," pungkas Klopp.

No comments:

Post a Comment