Monday, January 31, 2011

Barca Semakin Menjauh Setelah Menekuk Hercules

Barcelona memantapkan posisi sebagai penguasa klasemen sementara La Liga Spanyol setelah menundukkan tuan rumah Hercules 3-0 di Stadion Jose Rico Perez, Minggu (30/1) dinihari WIB. Kemenangan atas David Trezeguet dkk. ini sekaligus menuntaskan dendam pertemuan pertama, ketika Los Blaugrana dipermalukan 2-0 di Camp Nou.
Gol-gol kemenangan tim asuhan Pep Guardiola diciptakan oleh Pedro Rodriguez di babak pertama dan sepasang lagi diceploskan Lionel Messi di pengujung pertandingan. Hasil positif atas Hercules membuat Barca kini surplus tujuh angka dari pesaing terdekat, Real Madrid, yang baru akan bermain esok hari.

Kedua tim tampil saling mengancam di awal pertandingan. Hercules sempat membahayakan pertahanan Barca melalui Nelson Valdez, beruntung Gerard Pique, yang berduet dengan Eric Abidal di lini belakang karena Carles Puyol masih dibekap cedera lutut, mampu membaca situasi dengan baik.

Sementara itu, peluang pertama El Pep's Team lahir via tendangan setengah voli yang dilepaskan dengan terburu-buru oleh Xavi Hernandez.

Lionel Messi dua kali mendapat peluang di sepuluh menit awal. Sayang, usaha pertama masih mampu diblok dan yang kedua gagal menemui sasaran.

Beberapa saat kemudian, aksi Sergio Busquets membuat Pedro Rodriguez mendapat kans mencetak gol, tapi tendangannya masih tipis di atas mistar gawang Hercules yang dijaga Juan Calatayud.

Pada menit ke-20, giliran Hercules yang mengancam. Nelson Valdez mengirim umpan lewat sundulan ke arah David Trezeguet, tapi upaya eks attacante Juventus itu masih melebar.

Saat babak pertama hampir usai, Barca berhasil membuka skor. Xavi mengirim umpan matang yang tak disia-siakan Pedro. Barca pun menutup babak pertama dengan keunggulan satu bola.

Di menit-menit awal babak kedua, Azulgrana sudah mendapat peluang melalui David Villa, tapi tendangannya masih tipis menyamping tiang dekat.

Hercules sendiri tak tinggal diam. Mereka berusaha mencari gol balasan. Saat paruh kedua memasuki menit kesepuluh, Nelson Valdez melepaskan tendangan voli, tapi masih tepat mengarah ke Victor Valdes.

Pedro kembali membobol gawang Calatayud pada menit ke-64, tapi wasit yang memimpin pertandingan menganulir gol tersebut karena pemain bernomor punggung 17 itu dinyatakan berdiri dalam posisi off-side.

Lima menit sebelum waktu normal berakhir, tuan rumah harus bermain dengan sepuluh orang karena Francisco Farinos diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua karena tekel terlambat terhadap Busquets. Kartu kuning pertama diterima Farinos pada menit ke-77.

Pada menit ke-87, Barca memperbesar skor melalui Lionel Messi. Pemain Terbaik Dunia 2010 itu kemudian menggandakan golnya dua menit kemudian setelah menerima umpan Daniel Alves. Dua gol tersebut menjadikan koleksi gol Messi di La Liga musim ini berjumlah 21 gol dan menutup laga dengan kemenangan 3-0 bagi Barcelona.

No comments:

Post a Comment