Tuesday, January 25, 2011

Milan Unggul Karena Gol Bunuh Diri

Dalam sepakbola, kadangkala kemenangan tidak mutlak ditentukan oleh striker yang menceploskan gawang ke gawang tetapi kadang kala gol kemenangan tercipta berkat keberuntungan yang disebabkan oleh kesalahan antisipasi bek lawan. Begitu pula dengan kemenangan Milan kala menjamu Cesena.
Bek Cesena, Maximiliano Pellegrino, salah mengantisipasi tembakan penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, sehingga bola masuk gawang sendiri dan AC Milan pun unggul 1-0, sampai akhir babak pertama pertandingan Serie-A, Minggu (23/1/2011).

Bermain sebagai tuan rumah, Milan malah lebih dulu terancam oleh tembakan Dominique Malonga dan Giuseppe Colucci pada tiga menit pertama. Namun, gawang Milan tetap aman berkat penyelamatan yang dilakukan Christian Abbiati.

Milan bereaksi cepat membalas ancaman itu dengan eksekusi yang dolakukan Thiago Silva dan Massimo Ambrosini. Namun, kedua usaha itu hanya membuahkan tendangan gawang.

Setelah itu, Milan ingin memperbaiki penguasaan bola. Namun, Cesena tetap bermain agresif dan berhasil memaksa Milan mengikuti irama permainan mereka.

Milan baru bisa mulai menguasai keadaan sekitar menit ke-20. Selain bisa mengurangi penetrasi tim tamu ke wilayah mereka, Milan semakin konsisten melepaskan ancaman.

Pada antara menit ke-20 sampai ke-30, misalnya, Milan menciptakan empat tembakan melalui Robinho, Alexander Merkel, dan Zlatan Ibrahimovic dan cuma terancam satu kali, itu pun dari tendangan bebas. Namun, tak satu pun eksekusi membuahkan gol akibat dimentahkan Francesco Antonioli.

Mendapat tekanan begitu rupa, Cesena tak mengendurkan agresi. Meski semakin kesulitan menjajah wilayah Milan, mereka konsisten mengejar bola dan melancarkan serangan begitu menguasainya.

Berbeda dari sebelumnya, Milan mampu membaca alur serangan mereka, memangkasnya, dan membangun serangan. Usaha Milan terus menemui kebuntuan, sampai pada menit ke-45, Maximiliano Pellegrino salah mengantisipasi tembakan Zlatan Ibrahimovic sehingga bola masuk gawang sendiri.

Gol bermula dari umpan Antonio Cassano yang ditembakkan Ibra. Pellegrini salah mengantisipasi tembakan itu sehingga bola meluncur ke gawang sendiri. Antonioli sempat menepis bola, tetapi bola tetap masuk gawangnya.

Selama 45 menit pertama, Milan menguasai bola sebanyak 54 persen dan melepaskan lima ancaman serius dari 13 percobaan. Adapun, Cesena mampu menciptakan tiga peluang emas dari delapan percobaan. (*)

Susunan pemain:
Milan: Christian Abbiati; Mario Yepes, Alessandro Nesta, Luca Antonini, Ignazio Abate; Thiago Silva, Robinho, Alexander Merkel, Massimo Ambrosini; Zlatan Ibrahimovic, Antonio Cassano
Cesena: Francesco Antonioli; Steve von Bergen; Maximiliniano Pellgrino, Paolo Dellafiore, Luca Ceccarelli; Giuseppe Colucci, Marco Parolo, Fabio Ceserta; Dominique Malonga, Igor Budan, Matias Schelotto
Wasit: Andrea Romeo

No comments:

Post a Comment