Thursday, January 20, 2011

Peluang Ruben Wuarbanaran Ikut Pra-Olimpiade

Sekitar 80 pemain muda sedang berharap-harap cemas menunggu kepastian apakah namanya termasuk dalam daftar 25 pemain yang dipilih pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl. Setelah menggelar seleksi sejak 6 Januari lalu, yang terbagi dalam tiga gelombang, nanti sore pelatih bersama Badan Tim Nasional Indonesia akan mengumumkan 25 nama yang terpilih untuk ikut pemusatan latihan yang dimulai 24 Januari mendatang.

“Kami akan rapat dengan para staf (BTN) untuk membuat daftarnya,” ujar Riedl usai memimpin sesi terakhir seleksi Timnas U-23. “Minggu depan kami akan berlatih dengan 25 pemain.”

Meski difokuskan untuk Praolimpiade, Riedl berharap sebagian dari pemain ini layak pula membela skuad untuk SEA Games 2011 yang pemusatan latihannya dimulai pertengahan Maret mendatang.

25 pemain yang terpilih akan mengikuti pemusatan latihan untuk menghadapi laga pertama Praolimpiade melawan Turkmenistan, 23 Februari. Namun dari 25 pemain tersebut, Riedl akan merampingkannya lagi menjadi 18 orang saja.

Dari 25 pemain tersebut, tiga tempat sudah diduduki kiper Kurnia Meiga dan penyerang Yongky Aribowo (Arema Indonesia), serta Oktovianus Maniani, gelandang sayap asal Sriwijaya FC. Ketiganya tidak perlu menjalani proses seleksi karena Riedl sudah kenal betul dengan kemampuan para pemain yang dipilihnya untuk berlaga di Piala AFF 2010 lalu itu.

Sementara itu, dari lima pemain asing yang diundang Badan Tim Nasional dan sempat mengikuti proses seleksi, hanya satu yang berpeluang besar tampil di Praolimpiade, yakni Ruben Wuarbanaran. Syaratnya, pemain asal Belanda itu harus mengantongi paspor Indonesia sebelum laga perdana Praolimpiade digelar.

Jika proses naturalisasi tidak selesai dalam waktu kurang dari sebulan, Ruben akan disertakan dalam skuad SEA Games 2011. Pemain yang berposisi gelandang itu saat ini tengah mengalami cedera pangkal paha, namun kemungkinan besar bisa pulih sekitar sepekan kedepan.

No comments:

Post a Comment