Tuesday, April 26, 2011

Hasil Pertandingan Chonburi FC vs Persipura Jayapura (Piala AFC 2011)

Hasil Chonburi FC vs Persipura Jayapura
Hasil Chonburi FC vs Persipura Jayapura. Persipura Jayapura menghilangkan kesempatan untuk merebut tiket 16 Besar lebih awal setelah digilas Chonburi FC 4-1 dalam matchday keempat Grup H Piala AFC di Stadion Chonburi PE, Selasa [26/4] malam WIB.

Bahkan, kekalahan itu membuat posisi Persipura melorot ke peringkat dua klasemen dengan nilai tujuh, dan diambil alih Chonburi. Raihan angka Persipura dan Chonburi sama, namun klub Thailand ini unggul head to head dengan tim Mutiara Hitam. Walau skor pertemuan kedua tim sama 4-4, tapi berdasar regulasi fase grup Piala AFC, gol tandang tidak dihitung.

Persipura sebetulnya bisa lolos ke 16 Besar bila meraih kemenangan di pertandingan ini. Sebab beberapa jam sebelumnya, East Bengal [India] dan South China [Hong Kong] bermain imbang 3-3 di Stadion Barabati. South China menguntit di peringkat tiga dengan poin lima, sedangkan East Bengal menjadi juru kunci dengan koleksi nilai dua.

Chonburi FC dan Persipura mengawali pertandingan dengan permainan terbuka. Sejumlah peluang berhasil diperoleh kedua tim, namun penyelesaian akhir yang tidak bagus tidak menghasilkan gol bagi kedua tim.

Ribuan publik di Stadion Chonburi PE bersorak kegirangan setelah Suree Sukha, yang berdiri bebas usai menyambut umpan Jetsadakorn Hemdaeng, melepaskan tendangan untuk membobol gawang Yoo Jae Hoon.

Unggul satu gol membuat Chonburi menjadi lebih percaya diri. Sebaliknya, Persipura justru tidak bisa mengembangkan permainan. Peluang diperoleh tuan rumah, tapi tidak menghasilkan gol.

Jala Yoo Jae Hon kembali bergetar ketika Pipob On-mo mencetak gol kedua Chonburi memanfaatkan umpan Arthit Sunthornphit. Kelengahan Victor Igbonefo dalam mengawal Pipob memudahkan kapten tim itu membobol gawang Persipura.

Gol Pipob ini memberikan pengaruh terhadap kondisi psikologis pemain Persipura. Hasilnya, Chonburi memperbesar keunggulannya pada menit ke-41 melalui tendangan penalti Therdsak Chaiman. Hadiah penalti diberikan wasit atas pelanggaran Titus Bonai terhadap Anucha Kitpongsri.

Menjelang babak pertama berakhir, Chonburi terus melakukan tekanan ke pertahanan Persipura. Dua peluang emas didapat Pipob, namun dapat dimentahkan Yoo. Skor 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Chonburi tidak mengurangi tekanannya untuk memperbesar keunggulannya. Sedangkan Persipura lebih cenderung memperkuat pertahanan sambil sesekali melakukan serangan balik.

Upaya Persipura untuk mengejar ketertinggalannya menjadi semakin berat setelah tim Mutiara Hitam harus bermain dengan sepuluh orang menyusul diusirnya Ortizan Solossa pada menit ke-59. Ortizan diganjar kartu kuning keduanya usai melakukan pelanggaran terhadap Kazuta Kushida.

Unggul jumlah pemain coba dimanfaatkan secara maksimal oleh Chonburi FC. Tuan rumah memberikan tekanan hebat kepada tim tamu, namun peluang yang diperoleh tidak berhasil dikonversi menjadi gol.

Chonburi FC memperbesar keunggulannya pada menit ke-73 melalui Pipob. Gol ini berawal dari umpan lambung Therdsak kepada Kaikaew Suppasek yang diteruskan kepada Pipob. Kapten tim Chonburi FC ini tanpa kesulitan berarti menceploskan bola.

Tertinggal empat gol, Persipura mulai bermain lepas, dan berusaha memperkecil ketertinggalan. Selang dua menit kemudian, tandukan Bio Paulin berhasil membobol gawang Sinthaweechai 'Kosin' Hathairattanakool.

Bobolnya gawang Kosin membuat Chonburi meningkatkan intensitas serangan. Menjelang pertandingan berakhir, tendangan keras Kaikaew berhasil ditepis Yoo. Hingga pertandingan usai, skor 4-1 tidak mengalami perubahan.

No comments:

Post a Comment