Wednesday, March 9, 2011

Van Bronchkhorst BermainDi Indonesia

Giovanni van Bronckhorst akan tampil di Indonesia. Bersama tim De Jong Indonesian Team, kapten timnas Belanda di Piala Dunia 2010 itu dijadwalkan tampil selama 20 menit di Jakarta.

Van Bronckhorst bersama De Jong Indonesian Team didatangkan oleh kantor staf khusus presiden bidang pembangunan daerah dan otonomi daerah bekerjasama dengan kantor Menegpora.

"Pada intinya Van Bronckhorst hadir di Indonesia 17 Maret sampai 22 atau 23 Maret. Untuk 20 pemain lainnya datang tanggal 13 Maret dan selesai 25 Maret," jelas staf khusus presiden bidang pembangunan daerah dan otonomi daerah Velix Wanggai dalam perbincangan dengan detikSport, Rabu (9/3/2011) siang WIB.
Salah satu agenda dari De Jong Indonesian Team adalah laga persahabatan melawan Maluku All-Stars di Ambon pada 15 Maret dan melawan tim yang baru akan ditentukan kemudian di Jakarta pada 20 Maret.

"Untuk pertandingan di Jakarta, Van Bronckhorst akan bermain selama 20 menit. Sepuluh menit bermain untuk De Jong indonesian Team, dan sepuluh menit untuk tim yang dihadapi," kata Velix di ujung sambungan telepon.

Sementara untuk laga di Ambon, Velix belum memberikan penjelasan. "Saya cek jadwal lagi," terang Velix ketika dikonfirmasi detikSport.

Velix menerangkan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan motivasi untuk pemain sepakbola di tanah air, mendorong untuk pembinaan usia dini, dan membangun karakter bangsa.

Lalu apa alasan dari dihadirkannya Van Bronckhorst? "Kita pilih Van Bronckhorst karena dia merupakan salah satu pemain terbaik di dunia dan memiliki darah maluku. Jadi ada kebanggaan. Itu dari sisi kita. Sementara dari sisi Van Bronckhorst sendiri dia ada keinginanan untuk membangun sepakbola Indonesia khususnya yang berkaitan dengan pemain sepakbola usia dini," tutup Velix.

Van Bronckhorst memulai karir seniornya di tahun 1993 bersama RKC Waalwijk. Selanjutnya ia berkelana ke Feyenoord, Glasgow Rangers, Arsenal, Barcelona, dan kembali ke Feyenoord.

Pria kelahiran 5 Februari 1975 tersebut pensiun dari sepakbola usai menjalani final Piala Dunia 2010.

Dalam perbincangan dengan detikSport di Piala Dunia 2010 yang lalu, ayah Van Bronckhorst, Victor, mengatakan tak tertutup kemungkinan bahwa Giovanni bakal melatih Indonesia suatu saat nanti.

Van Bronckhorst sendiri memang memiiliki keinginan untuk mengunjungi Indonesia. Namun karena kesibukannya sebagai pesepakbola pro, pria bernama lengkap Ridder Giovanni Christiaan van Bronckhorst tersebut masih belum sempat menginjakkan kakinya di Indonesia.

No comments:

Post a Comment