Sunday, March 6, 2011

Statistik MU Kontra Liverpool

Duel Liverpool kontra Manchester United akan menjadi pusat perhatian pertandingan liga Eropa malam ini. Berikut ini beberapa data statistik terkait pertemuan dua klub tersukses di Inggris itu:

- Liverpool selalu menang dari dua pertemuan terakhirnya di Anfield melawan Manchester United. Tapi dari enam sebelumnya mereka kalah lima kali dan seri sekali.

- Rekor MU atas Liverpool di Premier League sejauh ini adalah yang terbaik dibanding tim-tim lain, dengan 20 kemenangan dan 67 poin.

- Kedua tim telah bertemu 155 kali di liga. MU menang 60 kali, Liverpool 52. Di semua kompetisi, MU menang 71 kali, Liverpool 60. Khusus di pertandingan liga di Anfield, The Reds punya rekor lebih baik dengan menang 37 kali (dan kalah 22 kali).

- Ini adalah pertandingan liga ke-20 antara Kenny Dalglish dan Alex Ferguson sebagai manajer. Ferguson unggul dengan 7 kemenangan berbanding 4. Kemenangan terakhir Dalgslih di liga melawan rivalnya itu terjadi pada September 1990 di Anfield, dengan skor 4-0.

- Dari 21 pertandingan terakhir kedua tim, hanya satu kali berkesudahan imbang atau seri.

- Steven Gerrard mengoleksi tiga gol dari tiga pertandingan terakhirnya di liga melawan MU. Sayangnya, malam ini dia kemungkinan besar tidak main karena kondisinya belum fit sepenuhnya.

- Sejauh ini Liverpool tak pernah kalah di kandangnya sendiri melawan tim-tim yang berada di papan atas.

- Penyerang MU Javier Hernandez berhasil mencetak gol dengan 33,33% dari jumlah tembakannya di musim ini, dan itu adalah rata-rata terbaik dibanding pemain-pemain lain.

- Dari empat pertandingan terakhir di Anfield, gelandang Liverpool Raul Meireles selalu mencetak gol di tiga pertandingan.

- Bomber MU Wayne Rooney hanya buruh dua gol lagi untuk menggenapkan koleksinya menjadi 200 bersama The Red Devils.

- Wasit yang akan memimpin laga ini adalah Phil Dowd. Setiap diwasiti Dowd sejak musim 2006/2007, Liverpool menang delapan kali dan kalah empat kali dari 17 pertandingan. Dari delapan kemenangan itu, tujuh di antaranya terjadi di Anfield.

- Di kubu MU, dari 10 kali dipimpin Dowd sejak musim 2006/2007, "Setan Merah" menang enam kali, seri sekali, dan kalah tiga kali. Khusus untuk laga tandang, MU menang tiga kali, seri sekali, dan kalah tiga kali.

Kondisi pemain Liverpool

Meragukan: Daniel Agger (cedera paha), Raul Meireles (lutut), Andi Carroll (kebugaran, tapi sudah punya kans lebih besar untuk main)

Cedera: Martin Kelly (hamstring), Jonjo Shelvery (lutut)

Kondisi pemain Manchester United

Skorsing: Nemanja Vidic (satu pertandingan)

Meragukan: Patrice Evra (tidak diketahui), Rio Ferdinand (betis), Michael Owen (pangkal paha)

Cedera: Anderson dan Owen Hargreaves (lutut), Jonny Evans dan Antonio Valencia (engkel), Park Ji Sung (hamstring)

No comments:

Post a Comment