Tuesday, August 17, 2010

NICOLAS ANELKA

Nama Lengkap : Nicolas Sebastien Anelka
Tempat Lahir : Versailles, Perancis
Tanggal Lahir : 14-03-1979
Kebangsaan : Perancis
Posisi : Penyerang
Klub Sebelumnya : Bolton










Nicolas Anelka (lahir 14 Maret 1979 di Versailles, Perancis) adalah pesepak bola Perancis yang saat ini bermain di Chelsea. Karir sepak bola dari Anelka dijalani dengan berbagai klub sepak bola di Eropa. Ia sempat menjadi salah satu pesepak bola dengan harga mahal. Ia menjadi seorang Muslim, kemudian ia dikenal juga dengan nama Abdul Salam Bilal.

Anelka juga merupakan starter reguler untuk tim nasional Perancis. Carlo Ancelotti menggambarkan dirinya sebagai pemain yang cepat dengan kemampuan bola-bola atas, teknik, menembak, dan pergerakan tanpa bola yang baik.

Anelka memulai karirnya di Paris Saint-Germain, tetapi kemudian ia segera pindah ke Arsenal. Ia segera masuk di tim pertama dan mendapat jam terbang teratur dan memenangkan PFA Young Player of the Year Award musim berikutnya.

Real Madrid menandatangani dia seharga £ 22.3 juta pada tahun 1999, dan menjadi rekor biaya transfer musim itu, tetapi ia tidak menetap di sana dan kembali ke Paris Saint-Germain dengan biaya £ 20 juta.

Ia kemudian kembali ke Liga Premier Inggris untuk sekali lagi, ia melanjutkan peminjaman ke Liverpool pada Januari 2002 tapi bergabung dengan Manchester City seharga £ 13 juta untuk awal musim 2002-03.

Setelah tiga musim di Manchester, ia pindah ke Fenerbahce untuk satu musim sebelum kembali ke Inggris untuk bergabung bersama Bolton Wanderers dalam kesepakatan senilai £ 7-8 juta poundsterling. Dia kemudian ditransfer ke Chelsea dari Bolton untuk harga £ 15 juta pada Januari 2008.


No comments:

Post a Comment