Tuesday, August 17, 2010

JOSE BOSINGWA

Nama Lengkap : Jose Bosingwa da Silva
Tempat Lahir : Mbandaka, DR Congo
Tanggal Lahir : 24-08-1982
Kebangsaan : Portugal
Posisi : Bek
Klub Sebelumnya : Porto, Boavista










José Bosingwa da Silva (terlahir pada 24 Agustus tahun 1982 di Mbandaka, Republik Kongo) ia adalah pemain internasional Portugal, ia terlahir dari seorang ayah Portugal dan Ibu Kongo.

Ia membela tim Liga Premier Inggris The London Blues Chelsea, oleh para pendukung The Blues ia dijuluki dengan julukan "The Machine" (Si Mesin) karena gaya bermainnya yang kalem namun selalu bertenaga.

Pada masa kecilnya ia terlahir di Kongo namun kemudian ia pindah ke Portugal sejak kecil. Dia memulai karir sepak bolanya melalui tim junior Boavista hingga pada 2003/2004 ia dibeli Jose Mourinho yang saat itu melatih Porto.

ia berposisi sebagai pemain bek sayap atau full back, perannya di tim utama Porto kia vital setelah Porto ditinggalkan kedua bek utama mereka Paolo Ferreira dan Ricardo Carvalho ke Chelsea mengikuti sang pelatih Jose Mourinho kala itu.

Kemudian pada tahun 2008 akhirnya ia bergabung bersama Chelsea di Stamford Bridge dengan biaya transfer 20,6 Juta Euro melengkapi Portugal Connection kala itu. Ia didatangkan bersama Deco tahun itu oleh pelatih Luis Felipe Scolari yang juga mantan pelatihnya di Seleccao (julukan timnas Portugal).

Namun hingga kini musim 2009 ia tak kunjung mampu menembus tim utama The Blues ia lebih sering menjadi pemain pelapis, ia kalah bersaing dengan Ashley Cole dan Branislav Ivanovic yang menjadi pilihan utama pelatih baru Carlo Ancelotti.

Pada awal musim 2009 ini pun sempat beredar kabar dirinya diminati dan hampir ke klub raksasa Bundesliga, Bayern Munich namun rencana itu belum jua terlaksana hingga kini.




No comments:

Post a Comment